Kamis, 19 Maret 2009

BAHASA DAN FUNGSINYA

Kehadiran bahasa dalam ruang lingkup manusia tidak dapat dianggap dalam suatu ruang hampa. Bahasa merupakan wahana komunikasi utama manusia.
Dalam arti luas, bahasa memiliki dua ciri utama:
Bahasa digunakan dalam proses transmisi pesan.
Bahasa merupakan kode yang pengunaanya di tentukan oleh bersama oleh warga suatu kelompok atau masyarakat.
Karenanya bahasa disebut berdimensi sosial. Ini berarti, bahasa merupakan suatu aspek kehidupan sosial manusia.
Bahasa adalah sebuah intitusi sosial yang direncanakan, dimodifikasi dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan kultur atau subkultur yang terus berubah. Karenanya, bahasa dari budaya satu berbeda dengan bahasa dari budaya lain, dan sama pentingnya, bahasa dari suatau subkultur berbeda dengan bahasa dari subkultur yang lain (montegomerry, 1986) dan devito (1998:157)
Dalam pembahasan ini yang di maksud subkultur, adalah kelompok-kelompok dalam sebuah kultur yang besar. Ini dapat didasarkan atas agama, wilayah geografis, pekerjan, orentasi afeksi, suku bangsa, kebangsaan, kondisi hidup dan sebagainya.


DEFINISI BAHASA


1 Robet Lado (1979)
Mendefinisikan bahasa merupakan alat pengikat kegiatan dan perasaan manusia.


2 Jack Richards (1985)
Mendefinisikan bahasa adalah system komunikasi manusia yang memiliki susunan bunyi yang bersetruktur untuk membentuk uniti-uniti yang lebih besar.


3 Mario Pei (1980)
Mendefinisikan bahasa adalah sebagai satu system komunikasi dengan bunyi, beroprasi melalui alat ujar dan pendengaran diantara anggota masyarakat tertentu, dan menggunakan simbol vocal yang memiliki makana konvensional.


4 Webster’s Ne Collegiate Dictionary (1981)
Mendefinisikan bahasa sebagai salah satu alat untuk menyamapaikan gagasan atau perasaan dengan mengunakan tanda-tanda, bunyi-bunyi, isyarat-isyarat atau cirri-ciri yang memiliki makna yang di mengerti secara konvensional.


5 Mary Finocchiaro(1980)
Mendefinisikan bahasa adalah satu system simbol vocal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang dalam budaya tertentu, atau orang lain yang mempelajari system budaya berkomunikasi atau berinteraksi.


6 Harimurti Kridalaksana (1994)
Mendefinisikan bahasa sebagai system lambang yang arbiter yang dipengaruhi oleh satu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengindentifikasikan diri.
Hakikat bahasa
Dari pengertian bahasa yang dikemukan para pakar di atas, kalau diimplementasikan didapatkan beberapa ciri yang hakiki dari bahasa ciri-ciri itu anatar lain:
1) Bahas merupakn sebuah sistem
2) Bahas merupakan symbol atau lamabang bermakna
3) Bahas merupakn ucapan
4) Bahas bersifat arbitere/konvensional
5) Bahasa itu manusiawi
6) Bahas merupakan alat komunikasi
Fungsi bahasa
Merupakan satu kenyataan bahwa manusia mepergunakan bahasa sebagai sarana komunikasi vital dalam menjalankan kehidupannya. Bahasa adalah milik umat manusia. Kemampuan berbahas adalah ciri pembeda umat manusia dengan mahluk hidup lainnya di dunia ini. Setiap anggota masyarakat terlibat dalam komunikasi linguistik di satu pihak dia bertindak sebagai pembicara (spesker) dan di lain pihak bertindak sebagi penyimak (reciver). Itulah fungsi bahasa.
Fungsi bahas terbagi sebagai berikut:
Untuk Tujuan Ekspresi Diri
Dengan bahasa manusia dapat mengekspersikan dirinya atau mengungkapkan segala Sesutu yang berada di dalam dunia batinnya terlepas dari tujuan yang yang menyebabkan seseorang berbahasa, sebagai alat ekspresi, bahasa merupakan sarana yang paling ampuh untuk melepasakna diri dari belenggu yang menghimpit batin kita. Sesuatu yang hanya baru taraf angan-angan pun dapat di disampaikan melalui bahasa. Oleh karena itu bahas bukan saja mencerminkan gagasan dan pikiran melainkan juga mencerminkan perilaku seseorang. Dengn kata lain, bahasa adalah alat ukur untuk menyatakan keberadaan manusia.
Untuk Tujuan Komunikasi
Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari eksperesi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila eksperesi diri kita tidak di terima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikiran yang kita ketahui kepada orang lain. Sebagai alat komunikasi bahsa merupakan saluran perumusan maksud yang akan disampaikan.
Untuk Tujuan Intergerasi Sosial Dan Adaptasi Sosial
Bahasa disamping sebagai salah satu unsur kebudayan, memungkinkan pula manusia memanfatkan pengalman–pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman-pengalaman itu, serta dengan bahasa kita dapat bersosialisasi sesama manusia. Dapat dikatakan bahwa bahasa dapat dijadikan sarana bagi seseorang dalam menyesuaikan diri atau membaur kedalam kelempok masyarakat tertentu.
Untuk Tujuan Kontrol Sosial
Fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial adalah bahasa dapat dimanfatkan untuk mengatur berbagai aktivitas yang dilakukan manusia.


sumber: berbagai sumber

1 komentar:

  1. http://www.ziddu.com/register.php?referralid=(y]Lal~8l6Q nih buat ziddu..

    punya lo tambahin, shoutmix, fedjit map, alexa, pagerank button dulu. buat daftar ke google.. http://google.com/addurl

    BalasHapus